Seringkali kita di Pusingkan dengan cara mengatasi Atap Dak Beton retak  yang rembes dan bocorbahkan ada yang sudah beberapa kali naik ke atap untuk menambalnya tetapi ketika hujan turun atap rumahnya tetap bocor. 

CARA MENGATASI DAK BETON RETAK

Perlu kita ketahui bahwa Dak beton yang bocor biasanya disebabkan adanya penurunan kualitas konstruksi, hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan kondisi lingkungan alam sekitar rumah kita. 

Perubahan cuaca yang ekstrim, penurunan daya dukung tanah, perawatan yang kurang dan lain sebagainya.

Sebenarnya CARA MENGATASI ATAP DAK BETON RETAK yang Rembes, tembus Dan Bocor, tembus ini adalah hal yang sangat mudah jika anda tahu bagaimana caranya yang tepat untuk mengatasinya, terutama menyangkut tehnik pengerjaan dan bahan baku yang akan anda pergunakan untuk menambal dak yang retak tersebut.

Sebelum kami berikan cara mengatasinya, perlu diketahui juga penyebab dari beton tersebut sehingga menyebabkan retak, berikut diantaranya..
  1. Pelat beton mengalami suhu panas dingin yang ekstrem sehingga memicu timbulnya retak susut.
  2. Setelah beton dicor, perawatan dengan menggunakan Curing Compound atau genangan air air selama 7 hari tidak dilakukan
  3. Saat beton belum kuat (belum kering sempurna) ditempatkan beban yang melebihi kapasitas / daya dukung pelat beton tersebut
  4. Terjadi pergerakan atau pergeseran, baik di struktur bangunan atau pondasi, sehingga pelat beton mengalami gaya vertical dan horizontal dan menimbulkan retak pada plat beton.
  5. Pemilihan mutu beton yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan struktur bangunan

Itulah diantara nya yang dapat menyebabkan beton retak.
Banyak pihak proyek yang salah kaprah dan mengatakan penyebab timbulnya retak pada beton dikarenakan beton jelek dari pihak produsen, padahal produsen beton yang berada di seluruh indonesia ini membuat beton cor ready mix seluruhnya sudah memiliki tenaga ahli dan memakai standar nasional indonesia dan mengacu pada Standar American Concrete Institute maupun Standar Peraturan Beton Indonesia.

Berikut ini Cara Mengatasinya...

Jika memang keretakan telah terjadi, solusinya adalah dengan melakukan perbaikan.
  1. Bobok atau potong (menggunakan mesin potong keramik) lokasi retak di beton dengan kedalaman minimal 2 cm. Setelah dibersihkan lakukan dengan penginjeksian agar keretakan tertutp dengan baik sehingga kebocoran tidak terjadi lagi.

    Setelah di Bobok 2 cm, retakan yang cukup besar itu padatkan dengan semen dan ratakan. Jika retakan terlalu kecil, ada baiknya diketrek (bongkar) agar retakan menjadi lebih besar, sehingga penambalan bisa dilakukan dengan sempurna. Gunakan semen adukan dengan daya rekat tinggi. Misalnya saja dengan semen instant (misal: AM atau Mortar Utama).

  2. Kuas dengan waterproofing serat fiber pada bekas retakan besar tersebut.
    Pemberian waterproofing dengan serat fiber ini bertujuan untuk menutup lubang-lubang yang lebih kecil sehingga tertutup dengan sempurna. Bahan yang digunakan adalah waterproof dengan 2 komponen. (misal: Alkaproof)
    Aplikasikan waterproofing secara merata keseluruh permukaan dak beton.
    Tujuannnya adalah agar proses pelapisan dapat menutup dengan sempurna. Bukan hanya bagian yang diperbaiki saja, melainkan seluruh bagian dak beton.

  3. Gunakan cat tembok diatas lapisan waterprofing jika telah kering.
    Karena sifat waterproofing yang elastis dari bahan karet sintesis, biasanya bahan ini agak sedikit lengket saat kering. Oleh sebab itu perlu diberi tambahan cat dinding agar tidak terasa lengket. Aplikasi cat tembok setelah lapisan waterproofing perlu dilakukan, supaya tidak lengket pada saat dipijak. Karena karakter waterprofing seperti karet, akan terasa lengket bila dipijak setelah kering.
Lakukan pelapisan jika kita yakin betul cuaca pada saat itu akan cerah dan kering. Jika kita yakin cuaca akan mendung atau hujan,lebih baik tunda perbaikan sampai cuaca benar-benar kering. Jika cuaca mendung mendingan besok aja betulinnya, Jangan Buang - buang bahan, uang dan tenaga.
Nah itulah beberapa kiat kiat  Cara Mengatasi Atap Dak Beton Retak  Yang Rembes,tembus Dan Bocor Mudah mudahan bermanfaat.
Dari beberapa sumber

Kami dari NIAGA READY MIX sebagai perusahaan penyedia beton ready mix dan penyewaan alat pompa beton menyediakan kebutuhan untuk anda.
Silahkan KLIK untuk daftar harga kami :
atau hubungi : Bp. FADLI
0821 123 108 11
08777 090 7117