Berikut ini artikel tentang PENGERTIAN BETON READY MIX yang berupa gambaran umum sebagai bahan pertimbangan ketika Anda ingin menggunakannya untuk berbagai konstruksi bangunan.

Beton Ready Mix
beton ready mix

Definisi Beton Ready Mix

Beton Ready Mix (ready mix concrete) adalah istilah beton yang sudah siap digunakan tanpa perlu lagi proses pengolahan dilapangan. Istilah yang umum ini banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia dalam penyebutan sebuah produk yang secara umum tersusun dari; semen, aggregat kasar, aggregat halus. air, dan bahan tambah berupa cairan atau padatan yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Terkadang sebagian masyarakat menyebutnya molen beton, coran molen, molen cor dan banyak lagi. Penggunaan istilah tersebut adalah bagi beberapa masyarakat yang melihat sepintas bahwa mobil pengangkut yang digunakan untuk membawa produk ini berbentuk seperti molen (makanan).
Beton Ready Mix sering di Istilahkan dengan Jayamix. Dimana, Jayamix adalah brand dari perusahaan yang pertama memproduksi beton cor siap pakai di Indonesia sejak tahun 1972

Proses Pembuatan Beton Ready Mix

Material penyusun beton ready mix secara umum terdiri dari; semen, pasir, kerikil/split, dan air. Jika metode konvensional atau yang biasa kita sebut dengan site mix, proses pencampurannya dilakukan di lapangan dengan mengumpulkan material penyusun beton tersebut secara manual atau semi manual (maksudnya menggunakan mesin molen). 

Namun pada beton ready mix, proses tersebut dilakukan di Batching Plant (pabrik beton) dengan mesin yang dirancang khusus untuk proses pencampuran material penyusun beton tersebut.

PENGERTIAN BETON READY MIX

Beberapa produsen beton ready mix biasanya menambahkan beberapa bahan tambah (admixture) kimia dengan tujuan agar karakteristik beton lebih kuat (strenght), mudah aplikasi (workability), ketahanan lebih baik (durability), serta biaya lebih ringan (economic).

Beton ready mix bersifat ekonomis dibandingkan metode pembuatan beton secara konvensional dikarenakan beberapa alasan sebagai berikut:
  1. Diproduksi secara massal atau dalam jumlah yang besar
  2. Terkadang bahan baku diproduksi oleh perusahaan pembuatnya
Dari segi manfaat nya, penggunaan beton ready mix, dapat mempercepat pekerjaan, menghemat waktu dengan kualitas beton sesuai standar yang berlaku (Internasional).

Standarisasi Pada Beton Ready Mix

Umumnya READY MIX/beton ready mix yang diproduksi oleh beberapa produsen menggunakan Standar Peraturan Beton Indonesia dan berpedoman pada Standar Nasional Indonesia. Standar tersebut mengacu pada Standar Eropa Lama yang sampai dengan saat ini masih digunakan oleh sebagian produsen.

Sebagian produsen dalam hal standar mutu beton juga memiliki hasil penelitian mandiri yang dilakukan oleh tim ahli di laboratorium dengan berbagai proses trial mix (uji coba) yang bertujuan untuk berbagai konstruksi bangunan dan solusi terhadap problema dilapangan.

Contoh hasil uji tersebut, perusahaan beton ready mix saat ini menawarkan beberapa produk dengan kuat tekan tinggi (high performance concrete), cepat kering (fast setting), mudah diaplikasikan (seperti Jayamix super concrete yakni beton yang mudah mengalir), beton berpori, beton integral, dan masih banyak lagi.


Itulah sekilas tentang PENGERTIAN BETON READY MIX mudah mudah mudahanan bermanfaat.
Terima kasih telah mengunjungi website kami

Kami dari Niaga Ready Mix sebagai perusahaan penyedia beton ready mix dan penyewaan alat pompa beton menyediakan kebutuhan untuk anda.
Silahkan KLIK untuk daftar harga kami :