Bangunan Atap Dak beton umumnya bisa kering sempurna dalam waktu 21-28 hari. Lama sekali ya ?..Lantas bagaimana cara membuatnya lebih cepat kering ? berikut ini penjelasan lengkap tips dan cara membuat beton agar cepat kering dan agar bangunan dapat cepat ditempatin.

Beton cor cepat kering gimana ya

Beton adalah suatu bahan material bangunan yang paling sering dijumpai pada proyek bangunan di Indonesia. Jika dilihat dari ukurannya, material beton ini memiliki dimensi ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan batu bata. 
Oleh karena itulah, banyak kontraktor yang menggunakan beton sebagai pengganti batu bata dalam proyek-proyek besar. Apalagi proses pembuatan beton juga jauh lebih mudah serta memiliki daya tekan yang sangat kuat.

Tidak hanya itu saja, beton memiliki berbagai kelebihan lainnya, seperti tahan terhadap suhu panas dan cocok dijadikan bahan pembangunan pada konstruksi berat, contohnya gedung bertingkat dan jembatan.

Dalam proses pembanguan sebuah bangunan, tentu dibutuhkan berbagai macam teknik yang harus diterapkan. Salah satu teknik bangunan yang popular dan sudah pasti selalu digunakan dalam setiap proyek pembangunan adalah pengecoran beton. 

Teknik mengecor adalah proses pembuatan beton yang membutuhkan waktu lama sebelum bisa mendapatkan struktur bangunan yang sesuai harapan. Diantara berbagai proses yang harus dilakukan pada tahap pengecoran beton, terdapat satu proses yang membutuhkan waktu paling lama, yakni pengeringan bahan campuran cor. Adapun bahan campuran cor terdiri dari semen, batu, pasir dan juga air. 

Oleh karena itu, banyak para kontraktor yang sangat memperhatikan proses ini agar beton cepat kering.

Tips dan Cara Agar Beton Cepat Kering

Terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan agar beton cepat kering dan menghasilkan beton dengan kualitas maksimal. 

Walaupun saat ini telah hadir beton cor siap pakai yang memiliki banyak pilihan jenis yang dapat lebih cepat kering dengan mutu tingginya, (baca selengkapnya di laman Harga Ready Mix) Bagi Anda yang berniat membuat beton sendiri untuk rumah maupun bangunan lainnya, maka Anda bisa menyimak penjelasan mengenai tips dan cara agar beton cepat kering di bawah ini.

1. Memperhatikan Cara Adukan Beton

Adonan Beton Cepat Kering

Hal pertama yang harus Anda lakukan dan perhatikan betul supaya beton cepat kering adalah cara adukan beton. Anda perlu memperhatikan adukan dari proses pembuatan beton atau mixing. 

Jika Anda ingin beton segera kering, maka diusahakan untuk menggunakan mesin pengaduk (concrete mixer) supaya pengadukan beton lebih mudah untuk dikontrol. Proses pengadukan dengan menggunakan mesin pengaduk dimulai dengan pengisian air, konsentrat, dan kemudian penambahan air lagi hingga mencapai konsistensi campuran beton yang sesuai. 
Sebaiknya proses pengadukan dengan menggunakan mesin pengaduk tidak lebih dari tiga menit demi menjaga kualitas beton.

2. Melakukan Pembuatan Beton saat Cuaca Mendukung

Pengecoran beton ketika hujan tidak cepat kering


Salah satu faktor yang membuat beton bisa cepat kering adalah cuaca yang mendukung. Hal ini dikarenakan apabila cuaca dalam keadaan yang cerah dan terdapat sinar matahari, maka proses pengeringan dapat dilakukan dengan lebih cepat. 

Oleh karena itu, pastikan Anda membuat beton di waktu yang tepat. Jangan sampai Anda membuat beton ketika sedang musim penghujan. Memang beton masih bisa kering, tetapi proses yang harus dilewati menjadi lebih lama sehingga menyebabkan pengerjaan bangunan menjadi tertunda.

3. Menggunakan Bahan Pengeras Beton

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar beton cepat kering adalah dengan menambahkan bahan tertentu pada adonan cor. Contohnya seperti bahan pengeras beton. Adapun beberapa bahan pengeras beton yang sering digunakan supaya proses pengeringan beton menjadi lebih cepat antara lain sebagai berikut.

Calbond

Calbond untuk beton cepat kering

Calbond adalah salah satu jenis perekat beton yang terbuat dari bahan dasar plastik. Bahan pengeras beton ini menjadi yang paling sering digunakan karena memiliki fungsi untuk memperbaiki beton yang rusak atau retak dalam proses konstruksinya. 

Perekat beton ini bisa menyatukan beton yang lama dengan beton baru dan juga membantu mempercepat proses pengeringan.

Calflash

Calflash untuk beton cepat kering

Calflash adalah bahan tambahan yang digunakan pada konstruksi beton untuk bawah air. Contohnya tiang jembatan, bendungan, pondasi mesin, dan lain-lain. Selain itu, calflash juga berfungsi sebagai penambal lubang bocor pada beton dan sangat efektif untuk membuat beton cepat kering.

Bestmittel

Besmittel untuk beton cepat kering

Bestmittel adalah bahan kimia yang berfungsi sebagai pengeras beton serta mempercepat proses pengeringan beton. Bahan pengeras ini banyak digunakan pada pembangunan konstruksi berskala besar. 

Hal ini karena karakteristik bestmittel sesuai dengan standar bahan tambahan konsentrat. Beton menjadi cepat kering setelah ditambahkan bestmittel ini dikarenakan adanya pengurangan jumlah air dan juga dapat mempercepat pengikatan beton.

Tujuan Menggunakan Obat Pengeras Beton

Sekarang ini bukan menjadi hal yang sulit untuk menemukan obat pengeras beton di pasaran. Hal ini karena kebutuhan akan obat ini semakin tinggi. Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan proyek bangunan konstruksi, tidak ada salahnya untuk tahu tentang tujuan dari penggunaan obat pengeras beton ini. Berikut ini adalah beberapa tujuan menggunakan obat pengeras beton.
  • Dapat mempercepat waktu pengeringan acian dan plesteran;
  • Lebih menghemat waktu pengerjaan. Apalagi jika pembuatan beton dilakukan pada musim penghujan;
  • Struktur beton menjadi lebih solid;
  • Adukan beton menjadi lebih plastis sehingga dapat memudahkan para pekerja;
  • Beton menjadi lebih tahan air;
  • Beton tahan terhadap berbagai cuaca;
  • Beton lebih kuat dan lebih kokoh;
  • Dapat menghemat penggunaan material tambahan lainnya.

Cara Agar Beton Lebih Tahan Lama

Selain bisa menggunakan obat pengeras beton, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar beton menjadi lebih tahan lama. Di bawah ini adalah cara yang bisa Anda coba.
  • Pastikan Anda membuat perbandingan antara obat pengeras beton, semen, dan air dengan takaran yang tepat.
  • Kemudian pastikan juga jenis agregat uang digunakan mempunyai karakteristik keras, tidak berpori, dan tajam supaya beton menjadi lebih kokoh.
  • Setelah itu lakukan pengecoran berkesinambungan. Apabila memungkinkan, Anda dapat menggunakan alat penggetar guna mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Cara terakhir adalah dengan menutup beton dengan menggunakan karung yang basah dengan tujuan menjaga kelembaban beton.
Apabila Anda melakukan cara-cara di atas dengan benar, maka dijamin beton yang dihasilkan bisa lebih tahan lama dan pastinya lebih kokoh. Dengan begitu, maka konstruksi bangunan akan memiliki kualitas sesuai dengan yang Anda inginkan.

Gunakan Cairan Penguat Beton

Cairan penguat beton juga kerap digunakan oleh pekerja proyek dengan tujuan supaya menutupi permukaan beton yang mengeras secara kimiawi dan juga agar tahan terhadap debu. 

Bahan-bahan cairan penguat beton akan bereaksi secara kimia dengan semen guna memadatkan permukaan beton. Penggosokan pada bagian permukaan beton bertujuan untuk menciptakan hasil yang mengkilap.

SIka Cairan Penguat Beton Cepat kering dan Kuat

Penutup

Itulah penjelasan mengenai tips dan cara agar beton cepat kering, jenis-jenis obat pengeras beton, tujuan penggunaan obat pengeras beton, cara agar beton tahan lama, dan juga cairan penguat beton. 

Setelah menyimak penjelasan tersebut, tentunya Anda menjadi lebih paham dan mengetahui trik-trik agar beton yang sedang dibuat lebih cepat kering. Proses pengeringan beton yang lebih cepat akan membuat waktu pengerjaan bangunan menjadi lebih singkat. Jadi, tidak heran jika banyak pekerja konstruksi yang menggunakan cara-cara di atas.