Teknologi Beton Instan Dry Mix dan Jayamix saat ini telah banyak dipopulerkan dibeberapa situs penjualan beton. Dengan memakai produk ini katanya sih dapat memudahkan Anda melakukan pengecoran di area terbatas yang mungkin dari pihak konsumen tidak ingin juga belepotan oleh karena masalah pengangkutan material. 

Contohnya pada bangunan jadi seperti di apartemen, atau di area yang tidak memungkinkan lainnya.
Sebenarnya apa sih beton Instan Dry Mix atau Jayamix itu, amankah untuk konstruksi bangunan ? langsung saja akan kami jelaskan dalam artikel ini....

Beton Instan Jayamix dan Dry Mix
Beton Instan Dry Mix dan Jayamix


Kelebihan Beton Secara Umum

Beton merupakan salah satu material utama yang sering dijumpai pada bangunan modern. Ini karena material untuk membuat beton seperti kerikil, pasir dan semen mudah ditemukan di Indonesia.

Beton memiliki beberapa kelebihan dibanding material bangunan lainnya, yaitu sebagai berikut.

1. Tahan perubahan cuaca, karat dan daya tekan yang tinggi

Sekilas, beton terlihat mirip dengan tembok atau dinding biasa. Namun, beton merupakan material konstruksi yang memiliki daya tahan tinggi terhadap tekanan. Tulangan yang ada pada betonlah yang membuat beton dapat menahan daya tekan yang tinggi. Namun, walau terbuat dari logam, tulangan pada beton tersembunyi di dalam beton sehingga material ini tahan terhadap cuaca dan karat.

2. Tahan arus listrik dan air

Sebagian besar material yang digunakan untuk membuat beton merupakan material yang tidak dapat menghantarkan listrik. Tulangan memang dapat menghantarkan arus listrik karena terbuat dari logam, tapi letaknya yang tersembunyi dan tertutup material lainnya membuat beton tahan terhadap arus listrik.

Selain tahan terhadap arus listrik, beton juga tahan terhadap air. Pori-pori beton yang kecil membuat air tidak dapat meresap ke dalam material ini, membuat beton menjadi material bangunan yang tahan terhadap cuaca buruk seperti hujan deras.

3. Dapat dipasang di tempat sempit

Tidak seperti batu bata yang sudah memiliki ukuran standar, beton justru lebih fleksibel karena terbuat dari kerikil, pasir dan semen yang ukurannya lebih kecil. Imbasnya, beton dapat dipasang di berbagai tempat, termasuk tempat yang sempit sekalipun.

4. Ukuran dapat diatur, mudah dicetak dan dibawa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beton terbuat dari berbagai material yang berukuran kecil sehingga dapat dipasang di tempat sempit. Namun, selain itu, beton juga memiliki kelebihan lain berkat ukuran materialnya yang kecil, yaitu sifatnya yang mudah dicetak dan dibawa, serta ukurannya yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, beton dapat diaplikasikan di mana saja tergantung kebutuhan.

5. Harga ekonomis

Kelebihan lain yang tidak kalah penting dari beton adalah harganya yang ekonomis. Jika dibandingkan dengan material lain, beton termasuk material yang mudah ditemukan di Indonesia sehingga Anda akan dapat menemukan meterial ini di setiap toko bangunan dengan mudah.

Ketersediaan bahan yang berlimpah membuat harga beton menjadi terjangkau dan ekonomis. Oleh karena itu, penggunaan beton kini semakin meluas. Selain digunakan sebagai meterial utama untuk membuat bangunan, beton juga digunakan untuk membuat jalanan sebagai pengganti aspal yang lebih mudah terkikis atau rusak jika dilalui oleh kendaraan berat.

Secara umum, beton dapat dibuat dengan meracik beberapa bahan: kerikil, pasir, semen, dan air menjadi satu. Namun, agar beton yang dihasilkan kokoh, perhitungan dan perbandingan antar-materialnya harus dilakukan dengan tepat dan saksama.

Bagi tenaga kerja yang telah berpengalaman, perkara meracik bahan beton ini dapat dilakukan meski butuh waktu. Namun, bagi Anda yang ingin lebih cepat dan praktis dalam membangun, teknologi beton instan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pengertian Beton Instan dan Kelebihannya

Seperti namanya, beton instan merupakan jenis beton yang siap pakai dengan cara menambahkan air saja. Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi meracik atau memperhitungkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat beton.

Teknologi beton instan seperti Drymix dan Harga Jayamix yang sudah tersedia di pasaran memungkinkan konsumen mendapatkan material beton dalam kemasan siap pakai yang terdiri dari bahan-bahan beton seperti agregat kasar, agregat halus, dan zat aditif.

Selain praktis dan dapat menghemat waktu, beton instan seperti Drymix dan Jayamix juga memiliki beberapa kelebihan lain, yaitu sebagai berikut.

1. Kualitas bahannya terjamin

Sebagai produk yang diproduksi perusahaan dengan standar tertentu, beton instan dibuat dengan bahan-bahan berkualitas. Artinya, jika Anda menggunakan teknologi beton instan, Anda juga akan mendapatkan jaminan kualitas bahan beton yang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan daya tahan beton yang dihasilkan.
bETON iNSTAN dYNAMIX

Selain berpengaruh terhadap daya tahan dan kekuatan beton yang dihasilkan, bahan-bahan beton instan yang berkualitas juga membuat teknologi beton instan lebih ramah lingkungan dibanding beton biasa.

Ini karena beton instan tidak menimbulkan banyak kotoran atau debu seperti halnya beton biasa. Teknologi pengemasan yang baik juga ikut berperan dalam mengurangi debu yang mungkin ditimbulkan oleh material beton. Proses pengangkutannya pun lebih mudah karena formulasi beton instan telah dikemas sedemikian rupa dalam karung-karung.

Jayamix Beton Instan

2. Takaran atau formulasi bahan yang pas

Selain kualitas bahan yang terjamin, teknologi beton instan juga memberikan jaminan lain kepada konsumen, yaitu takaran atau formulasi bahan yang tepat sesuai SNI.

Langkah menakar atau memformulasikan bahan merupakan tantangan tersendiri dalam membuat adonan beton. Ini karena langkah tersebut sangat krusial dan sangat memengaruhi beton yang dihasilkan. 

Jika formulasi bahan ini dilakukan kurang tepat, maka kualitas beton yang dihasilkan akan berkurang. Imbasnya, umur atau daya tahan beton tidak bisa maksimal dan dapat menimbulkan kerugian.

Untuk mengatasi atau menghindari masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan teknologi beton instan yang formulasi bahannya dilakukan oleh tenaga ahli. Oleh karena itu, komposisi bahan beton instan dapat dibuat dengan tepat dan konsisten. 

Perhitungan yang akurat ini merupakan salah satu jaminan mutu yang dapat diperoleh oleh konsumen sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir saat menggunakan teknologi beton instan.

3. Dapat digunakan untuk berbagai struktur

Salah satu kelebihan dari beton instan adalah beton jenis ini dapat digunakan untuk membuat semua struktur bangunan, baik fondasi rumah maupun rooftop gedung. Mengapa ?

Karena beton Instan mempunyai beberapa pilihan mutu mulai dari K 175, K 225, K 250, K 300, 400, hingga mutu beton tinggi yakni K 400.

Mutu Beton Instan

Bagi Anda yang memiliki rumah tinggal yang ingin menggunakan beton ini bisa memilih Mutu Beton K 225 , K 250, dan yang tertinggi yakni K 300. (Baca : beton untuk konstruksi struktural)

4. Penebalan kolom

Kolom merupakan salah satu bagian utama dan sangat penting dalam bangunan. Ini karena kolom lah yang membuat suatu bangunan menjadi kokoh. Kolom dapat diperkuat dengan kombinasi rangka besi beton dan menggunakan produk berkualitas tinggi, misalnya seperti teknologi beton instan ini. 

5. Fleksibel dan ekonomis

Kelebihan lain dari teknologi beton instan yang tidak kalah penting adalah sifatnya yang fleksibel dan ekonomis. 


Fleksibel karena dalam penggunaannya, Anda hanya perlu mencampurnya dengan air, mengaduknya hingga rata sampai siap digunakan. 

Selain itu, beton instan dalam kemasan juga memungkinkan Anda untuk menghitung seberapa banyak beton instan yang dibutuhkan. Jika perhitungan Anda meleset, Anda bisa menutupi kekurangannya dengan membeli lagi. Sebaliknya, jika kelebihan, maka Anda dapat menyimpan beton instan dengan lebih mudah tanpa menimbulkan banyak debu atau kotoran.
Untuk estimasi kebutuhan beton Instan dalam 1 Kubik yakni 43 Sak dengan berat 1 sak yakni 50 kg  
Bagi Anda yang menginginkan produk ini, Anda bisa mengunjungi Halaman kami di Harga Beton Instan Drymix Terbaru dengan harga terbaik dari kami.

Penutup

Berbagai kemudahan yang ditawarkan beton instan seperti kemudahan dalam penggunaan membuat penggunanya dapat menghemat banyak waktu, terutama waktu dalam meracik bahan-bahan beton jika dilakukan secara manual. 

Semakin banyak waktu yang dapat dihemat, tentunya akan semakin banyak biaya pembangunan yang dapat dihemat. Teknologi beton instan ini juga mudah ditemukan di toko bangunan, mudah disimpan dan diangkut

Saran

Bagi Anda yang ingin menggunakan produk ini, disarankan untuk pengecoran dalam jumlah yang kecil atau memang betul-betul pada area terbatas. Karena produk ini lumayan lebih mahal dibandingkan dengan beton ready mix.

Baca Juga : Harga Ready Mix

Terima kasih telah mengunjungi kami. Share jika bermanfaat 🙏